SMPN 16 KOTA KUPANG SIAP MELAKSANAKAN BELAJAR ON-LINE

1,279

Kupang,patrolicia.Com–
Managemen Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 16 Kota Kupang siap melaksanakan Proses Belajar secara online sesuai petunjuk dari Kemendikbud.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah SMPN 16 Kota Kupang Gregorius Karmin,S.Pd kepada wartawan, Rabu 01 April 2020.

Ia mengatakan, penerapan proses belajar secara online kepada para siswa dan siswi tersebut sebagai langkah konkrit menyikapi bencana corona Virus yang sangat membahayakan kehidupan manusia.

“Kami pada prinsipnya siap menjalankan perintah dari Pemerintah Pusat dengan menerapkan sistem belajar secara online. Bahkan kedepan ada peluang untuk dilakukan ujian berbasis Online,”katanya.

Ia menjelaskan, materi-materi belajar siswa dapat disampaikan melalui grup WhatsApp dan hal ini juga tentu menjadi pembelajaran bagi orangtua murid agar lebih memperhatikan anaknya giat belajar di rumah.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga membuat grup WhatsApp yang beranggotakan guru- guru yang mengajar di SMP Negeri 16 Kupang.

Melalui Grup WhatsApp tersebut pihaknya membahas dan melakukan pemantauan terhadap siswa yang belajar di rumah dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku.

Untuk mengetahui perkembangan siswa, pihak sekolah juga membuat grup WhatsApp Dapodik Sekolah yang melibatkan seluruh orangtua murid.

Hal ini juga sebagai bahan masukan bagi sekolah untuk menjawab kebutuhan siswa bahkan hal lain untuk menunjang perkembangan.

Karmin menguraikan, untuk tahun ini 258 siswa kelas III SMPN 16 Kota Kupang siap mengikuti ujian namun standar kelulusan siswa ditentukan pihak sekolah dengan mengacu pada nilai semester I-III dan tugas-tugas yang diberikan guru mata pelajaran dan tingkat kehadiran siswa.

Standar Kelulusan ini juga merujuk dari petunjuk dari pemerintah pusat.

Ia berharap semua komponen selalu menjaga kebersihan, kesehatan baik di lingkup keluarga maupun skala yang besar dan kiranya bencana Vocid 19 segera berakhir sehingga semua aktifitas termasuk kegiatan pendidikan dapat normal kembai(Rjb)