KOARMADA III LAKSANAKAN PENAPISAN BAGI PRAJURIT YANG BARU KEMBALI MELAKSANAKAN TUGAS OPERASI

1,037

 

Patrolicia.com /Sorongpapua barat..
Dinas Kesehatan Komando Armada (Diskes Koarmada) III melaksanakan penapisan (screening) terhadap setiap prajurit yang baru kembali atau selesai melaksanakan tugas operasi menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti penapisan terhadap Anak Buah Kapal (ABK) KRI Teluk Lada-521 dan KRI Sura-802 yang baru sandar di dermaga Lantamal XIV Sorong, Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (14/5) setelah melaksanakan tugas operasi beberapa bulan lamanya.

Menurut Kadiskes Koarmada III Kolonel Laut (K) dr. Pudjo Dwi Laksono, M. Kes., Sptht-KL bahwa Rapid Test dilaksanakan merupakan protokol kesehatan sebagai screening terhadap prajurit yang baru kembali melaksanakan tugas untuk mencegah penyebaran Covid-19. Apabila didapatkan gejala demam, batuk atau sesak maupun yang mempunyai riwayat kontak dengan orang yang positif Corona-19 maupun untuk orang yang baru bepergian dari wilayah transmisi lokal. Hasil screening seluruh prajurit yang bertugas di kedua kapal perang tersebut dinyatakan semuanya negatif dan dalam kondisi sehat.

“Meskipun demikian, seluruh prajurit yang bertugas di KRI Teluk Lada-521 dan KRI Sura-802 tetap melaksanakan isolasi mandiri, melaksanakan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19. Setiap saat memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menerapkan physical distancing,” tegasnya.

Sementara itu, Satgas penanggulangan dampak Covid-19 Koarmada III melaksanakan penyemprotan desinfektan ke seluruh ruangan-ruangan KRI Teluk Lada-521. “Para prajurit diperintahkan membuka ventilasi udara dan mematikan AC serta membuka pintu dan jendela KRI secara periodic,” tegasnya”
(Timo/leo)