Dinas pertanian kota Kupang bidang kesehatan hewan veteriner dan dinas peternakan provinsi melakukan vaksinasi rabies gratis

2,723

Untuk mencegah meluasnya kasus rabies di NTT, Dinas Pertanian kota Kupang bidang kesehatan Hewan Veteriner Bekerjasama dengan Dinas Peternakan Propinsi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Propinsi NTT, memberikan pelayanan vaksinasi rabies bagi Hewan penular rabies dengan sistem “jemput bola” atau mendatangi langsung ke rumah warga. Maksud dan tujuan vaksinasi hewan untuk mencegah atau mengurangi masuknya rabies di wilayah kota Kupang.

oppo_2

Vaksinasi rabies ini sudah dilakukan pada awal bulan Maret 2023 sampai dengan saat ini, dan sudah mencapai 4083 dosis sampai dengan bulan juli 2024. ” Kami melakukan itu di semua kelurahan dan kecamatan dalam wilayah kota Kupang. Kegiatan ini kami lakukan setiap Minggu, khusus untuk hari Jumat kami lakukan kegiatan di Puskeswan kayu putih. Sedangkan hari lainnya khusus hari Selasa dan Rabu kami melakukan ” jemput bola “. Kami berkunjung dari rumah ke rumah ” ungkap drh. Ardi Ngangguk pada hari Jumat , 5 juli 2024 di Puskeswan kayu putih.

drh.Ardi mengatakan “Vaksinasi gratis di kota Kupang sejauh ini tidak ada target, namun stok vaksin masih ada dan kami akan tetap melaksanakan vaksinasi. Vaksin rabies diberikan pada hewan atau individu yang memiliki resiko terkena penyakit ini. Meskipun sudah diberikan vaksin, seseorang yang digigit atau dicakar oleh hewan yang kemungkinan menderita rabies tetap harus mendapatkan penanganan medis. Disamping pemberian vaksin anti rabies,Penting bagi kita semua untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan Hewan peliharaan.”
Hewan yang berpotensi terserang rabies sebaiknya dalam kurun waktu 14 hari setelah diberi suntikan vaksin jangan dibiarkan keluar rumah dan tidak di mandikan. Hal ini dikarenakan antibodi dalam tubuh hewan tersebut belum tersedia dalam jumlah yang cukup untuk membentengi hewan tersebut dari serangan virus rabies.

drh. Ardi Ngangguk menghimbau kepada warga agar lebih proaktif mengantarkan hewannya untuk mendapatkan vaksinasi karena akan sangat bermanfaat bukan saja untuk hewan tetapi juga untuk manusia. Lebih baik tindakan mencegah ( preventif ) daripada mengobati ( kuratif ). Vaksinasi dapat mencegah terjadinya tingkat kesakitan dan kematian yang tinggi pada hewan kesayangan akibat terserang infeksi virus maupun bakteri .

Salah satu warga kelurahan Liliba kecamatan Oebobo, Rani weepanoka yang merupakan pemilik anjing yang mendapat pelayanan vaksinasi rabies gratis mengatakan bahwa dirinya mendapat informasi melalui Instagram. Dua ekor anjing miliknya yang telah di vaksin mendapat Pita Merah sebagai tanda bahwa anjingnya telah di vaksin.