Mal pelayanan publik membuka pendaftaran gratis bagi masyarakat kota Kupang

2,763

 

PATROLICIA COM PROPINSI NTT.    Sebagai titik awal pemerintahan kota Kupang memudahkan seluruh pelayanan publik perijinan dan non perijinan pada tempat yang representatif fisik dan sistem bertujuan untuk mendorong suatu pelayanan prima bagi masyarakat kota Kupang,

Demikian disampaikan oleh Penina NA Lauata, SSTP, MM. PLT Sekertaris Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kupang di lokasi Car Free Day pada Sabtu, 25/5/2024.

Pelayanan lain dari Bapenda Kota Kupang melakukan pelayanan distribusi SPPT PBB tahun 2024.   tersedia SPPT PBB untuk 51 kelurahan di sini sehingga masyarakat bisa mengambil dan pembayarannya bisa dilakukan secara online kalau punya aplikasi B-Pung mobile Bank NTT.

Ada juga layanan Samsat Keliling Kota Kupang untuk pembayaran pajak kendaraan dan sekarang ini sementara ada kebijakan dari Pemerintah Provinsi NTT untuk tax amnesty hingga terlambat bayar pajak bebas denda pembayaran pajak kendaraan, biaya balik nama dan mutasi kendaraan masuk ke NTT berlaku mulai 20 Mei-29 Juni 2024. Perpanjangan SIM dari Satlantas Kota Kupang juga tersedia di Mal Pelayanan Publik.

“Hari kerja masyarakat datang di kantor hari libur Kami datang di masyarakat. Lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kami harap masyarakat bisa menyambut setiap kesempatan dan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk kebaikan bersama”.

Menurut PLT kadis penanaman modal terpadu satu pintu menyampaikan bahwa pada hari kerja masyarakat datang ke kantor namun pada hari libur MPP datang ke masyarakat.

Pelayanan publik yang diberikan yakni pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kupang, pengurusan Identitas Kependudukan Digital (IKD) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kupang, distribusi Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT PBB) P2 masa pajak 2024 oleh Badan Pendapatan dan Aset Daerah (Bapenda) Kota Kupang, dan pembayaran pajak kendaraan bermotor kerjasama antara Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), Pemerintah Kota Kupang, dan Jasa Raharja serta layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) bersama pihak Kepolisian.

Sebelumnya membuat surat keterangan berusaha dan itu bukan dan sekarang pemerintah kota Kupang membuat kebijakan untuk pelaku UMKM untuk memperoleh ijin usaha yang di kenal (NIB)

“Dengan berbagi layanan yang kami sediakan dari Mal Pelayanan Publik Kota Kupang untuk bapak/ibu pelaku usaha UMKM tersedia di DPMPTSP Kota Kupang untuk pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha) atau ijin usaha bagi pelaku UMKM tidak ada lagi SITU atau SIUP namun sekarang dikenal dengan Nomor Induk Berusaha (NIB). Dengan memiliki NIB pelaku usaha menjadi pelaku usaha yang legal.(Rjb)